Twitter

  • home
Home » » Planet Saturnus dan Ciri-ciri Planet Saturnus

Planet Saturnus dan Ciri-ciri Planet Saturnus

Planet saturnus merupaakan planet yang paling indah diantara planet lainnya, planet ini memiliki kelebihan di bandingkan dengan planet lain  karena planet ini memiliki cincin yang berada disekelilingnya, dibawah ini kita akan membahas planet saturnus dan ciri-ciri planet saturnus.


Saturnus tidak hanya meliputi planet dan cincin-cincinnya yang mungkin terdiri dari beribu-ribu cincin dengan ukuran yang berbeda-beda, tetapi termasuk juga satelitnya atau bulan yang bergoyang banyak, yaitu 21 satelit. 

Orang-orang zaman dahulu, Saturnus dianggap paling tidak berarti diantara planet lainnya yang diduga mengelilingi Bumi (Yaitu Matahari, Bulan, Merkirius, Venus, Mars, dan Jupiter), yang berbeda dengan bintang-bintang tetap. Cincin-CINcin indah yang mengelilingi planet itu tidak dapat dilihat sebelum penemuan teleskop pada permulaan pada abad XVII.

Saturnus berada sangat jauh dari pusat tata surya sehingga jika dilihat dari orbitnya, Matahari akan terlihat seperti ujung peniti yang kemilau daripada terlihat seperti sebuah cakram. Jarak saturnus ke Matahari, hampir dua kali jarak Jupiter ke Matahari. 

Saturnus menerima panas dan cahaya dari matahari hanya 1/90 dari yang kita terima di Bumi. Karena jauhnya, tidak ada sebuah planet pun dalam orbitnya yang dapat di lihat dari permukaan saturnus kecuali Jupiter, Jupiter akan tampak seperti teman Matahari, kadang-kadang sebagai bintang sore dan kadang-kadang sebagai bintang pagi.

Planet saturnus, ciri planet saturnus, tentang planet saturnus, pengertian planet saturnus

Jarak rata-rata Saturnus dari Matahari 1.428.000.000 km atau sekitar 9,5 jarak Bumi dari Matahari. Saturnus menyelesaikan orbitnya sekali setiap 29,5 tahun. Planet kita sendiri, Bumi, mengejarnya dan berada dalam satu garis antara Saturnus dan Matahari sekali setiap 378 hari. 

Jarak Saturnus dari BUmi bervariasi tergantung posisi kedua planet dalam orbitnya, yaitu dari 1.197.000.000 km sampai 1.654.000.000 km. Saturnus dikelilingi oleh sekelompok partikel kecil  yang mengelilinginya dalam bentuk empat buah cincin datar sepusat. Cincin-cincin ini cukup lama dianggap unik dalam tata surya. 

Namun, pada awal tahun 1977 planet Uranus juga diketahui dikelilingi oleh system cincin. Dari kedua kasus tersebut cincin-cincin itu dianggap sebagai kumpulan partikel yang tidak terbilang jumlahnya. Namun, setelah waktu yang lama, orang dapat memahami sifat dari cincin-cincin Saturnus.



(Sumber Buku: Tata Surya dan Penjelajahan Ruang Angkasa. Penulis: Drajat.  Sumber Foto: http://en.wikipedia.org/wiki/Voyager_2)

Popular Posts