Twitter

  • home
Home » » Tuanku Imam Bonjol Biografi

Tuanku Imam Bonjol Biografi

Imam bonjol atau nama lainnya, Peto Syarif, dilahirkan pada tahun 1772 di kampong tanjung Bunga, Pasaman, Sumatra barat. Ia terkenal sebagai tokoh yang gigih menentang Kolonial Belanda, dan juga melakukan pelurusan agama islam yang banyak diselewengkan pada masa itu.

Tuanku Imam bonjol melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan cukup gigih. Perlawanan ini sangat merepotkan Belanda, sampai-samapi Belanda melakukan perjanjian damai di Masang, Somatra Barat pada tahun 1824.

Namun demikian, Belanda sendiri yang melakukan pengingkaran dengan menyerang Nagari Pandai Sikat. Pertentangan antara kaum Pader I (kalangan agama) dengan kau adat dimanfaatkan oleh Belanda untuk menghantam kaum Paderi.

Belanda sangat membantu kaum adat karena mereka ingin menangkap Tuanku Imam Bonjol, yang dianggap membahayakan. Tidak tanggung-tanggung, Belanda mengirimkan pasukan tangguhnya untuk menggempur pasukan kaum Paderi, bahkan Gubernur Jenderal Van den Bosch juga ikut memimpin serangan ke Bonjol.

imam bonjol, tuanku imam bonjol, biografi imam bonjol, biodata imam bonjol, Pahlawan Nasional, Tokoh Pahlawan, Nama Pahlawan Nasional

Setelah panglima perang berganti 3 kali, dan menunggu hampir 3 tahun, Belanda akhirnya berhasil menaklukan Bonjol pun tertangkap, lalu di asingkan ke Cianjur. Kemudian ia dipindahkan ke ambon, karena takut mempengaruhi kaum muslim di Jawa Barat. Hingga akhirnya Tuanku Imam Bonjol wafatdi Manado, tempat pengasingan terahirnya pada tanggal 6 November 1864.

Sikapnya yang tidak kenal kompromi terhadap Belanda dan memegang teguh kemurnian ajaran islam patut diteladani. Sikap seperti ini terbukti mampu membuat Belanda hampir putus asa. Berdasarkan surat keputusan RI. NO. 087/TK/1973, tanggal 6 November 1973 pemerintah menetapkan Tuanku Imam bonjol sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan.



Sumber: 
TOKOH & PAHLAWAN Seri Pejuang Kemerdekaan, Penerbit: PT. Lestari Kiranatama
Gambar: http://www.shoutussalam.com/

Popular Posts