Twitter

  • home
Home » » Planet Venus dan Pengertiannya

Planet Venus dan Pengertiannya

Planet venus adalah planet putih dan indah yang lintasannya (orbitnya) di antara merkurius dan Bumi. Kata venus diambil dari nama dewi kecantikan  Romawi. Ukuran dan massa planet ini mirip dengan Bumi.

Diameter venu sekitar12.100 km, sedangkan diameter Bumi 12.725 km. massanya kurang sedikit dari empat perlima massa Bumi. Kerapatannya sekitar Sembilan per sepuluh dari kerapatan Bumi.

Seperti halnya Merkurius, venus merupakan bintang malam dan pada saat lain merupakan bintang pagi, bergantung kepada apakah planet itu berada di sebelah timur atau di sebelah barat  matahari jika dilihat dari Bumi. 

Planet ini terbit sekitar 4 jam sebelum Matahari terbit dan terbenam sekitar 4 jam setelah Matahari terbenam. Venus berputar mengelilingi Matahari sekali setiap 225 hari dalam orbit yamg hampir melingkar.

Pada saat berputar, planet ini berotasi pada sumbunya sebanyak satu kali setiap 243,1 hari di Bumi, putarannya dari arah timur ke barat bukan  dari arah barat ke timur seperti sebagian besar benda-benda langit lainnya.

Planet venut, pengertian planet venus, planet venus

Pada saat berjalan terus sepanjang orbitnya, venus kadang-kadang berada di sisi matahari yang jauh dari Bumi dan kadang-kadang pada saat lain venus berada diantara matahari dan Bumi. Dalam orbitnya mengelilingi Matahari, venus memperlihatkan fase daur yang lengkap terhadap pengamat di Bumi. 

Berbagai fase itu tidak akan terlihat oleh mata telanjang, tetapi mungkin dapat dilihat dengan sebuah teleskop kecil atau dengan menggunakan teropong.

Pada saat planet ini berada di bagian orbitnya yang terjauh dari Bumi, planet ini terlihat sebuah cakram. Pada saat berada pada posisi di antara Matahari dan Bumi, venus hapir tidak pernah terlihat cakramnya.



(Sumber Referensi Buku: Tata Surya dan Penjelajahan Ruang Angkasa, Penulis: Drajat. Sumber Foto: http://www.bobthealien.co.uk/venus.htm)

Popular Posts