Twitter

  • home
Home » , » Cut Nya Meutia dan Biodatanya

Cut Nya Meutia dan Biodatanya

Cut Nya Meutia lahir di peurelak, aceh Utara pada tahun 1870. Ia adalah salah satu pahlawan wanita dari tanah rencong Aceh. Meutia dengan suaminya Teuku Cik Tunong gencar melakukan gerilya terhadap colonial Belanda. 

Ia terkenal gigih melakukan perlawanan terhadap Belanda, hingga pada bulan mei 1905, suaminya , Teuku cik Tunong tewas karena hukuman tembak oleh Belanda. Setelah suaminya tewas, Cut nya Meutia sering dibujuk untuk menyerah ke Belanda, namun ia tetap gigih tidak mau menyerah. Bahkan ia terus melakukan perlawanan yang keras terhadap Belanda.

Sepeninggal suaminya, Cut Nya Meutia menikah dengan pang Nangru, sahabat suaminya yang juga turut membantu perjuangannya. Tahun 1889, ia melakukan strategi perlawanan dengan membentuk kelompok-kelompok pejuang yang bertugas untuk menyerang patrol-patroli Belanda di pedalaman Aceh.


cut meutia, cut nya meutia, biodata cut nya meutia, biografi, Pahlawan Nasional, Tokoh Pahlawan, Nama Pahlawan Nasional

Strategi ini sangat memusingkan Belanda. Selain wanita yang tangguh, Cut Meutia juga dikenal cerdik dalam merencanakan strategi perang melawan Belanda. Ia mampu meloloskan diri dari berbagai serangan Belanda, seperti pada pertempuran 26 september 1910. 

Pada saat itu suaminya, Pang nangru tewas oleh peluru Belanda, berbekal 13 pucuk senjata api dan 45 orang pasukan, meutia dengan ditemani kemenakannya, raja sabil yang berumur 11 tahun, meneruskan perlawanan terhadap Belanda.

Pasukan perang meutia berpindah-pindah, hingga suatu ketika persembuannya dikepung  Belanda. Meutia tertembak kakinya, tapi tetap pantang menyerah. Ia justru menyerang denagn sebilah pedang, hingga akhirnya tewas ditembus peluru Belanda pada tahun 1910. 

Cut Nya meutia pantang menyerah meski didera berbagai kesulitan. Sikapnay itu patut ditiru oleh generasi muda saat ini. Cut Meutia dianugerahi gelar pahlawan perjuangan kemerdekaan melelui surat keputusan Presiden NO.106/1964 pada tanggal 7 mei 1964.



Sumber:
http://acehpedia.org/Cut_Nyak_Meutia
Buku: TOKOH & PAHLAWAN Seri Pejuang Kemerdekaan, Penerbit: PT. Lestari Kiranatama

Popular Posts