Twitter

  • home
Home » » Teuku Umar Biografi

Teuku Umar Biografi

Perang aceh merupakan perang yang sangat berat bagi belanda dalam sejarah peperangan di Hindia Belanda. Perang Aceh yang terus berkepanjangan sampai 40 tahun itu, menampilkan tokoh-tokoh pejuang yang terukir secara gemilang dalam sejarah nasional kita. Salah seorang pejuang yang terkenal  gigih dan penuh tipu muslihat adalag Teuku Umar.

Teuku umar dilahirkan pada tahun 1854 di Meulaboh. Teuku umar adalah keturunan seorang Minangkabau yang merantau ke aceh pada akhir abad ke-17. Ayahnya bernama Teuku Mahmud dan ibunya merupakan adik raja Ule baling VI Mukim.

Di masa mudanya, Teuku umar yang berbadan besar dan tegap suka berkelahi dan berkelana. Ia berkelana dari kampong ke  kampong, sambil belajar sifat dan mengaji. Keluar masuk hutan sekedar menuruti kemauan hatinya. Ketika iaberusia 19 tahun,meletuslah perang menentang kedatangan Belanda di Aceh.

Rakyat Acehdan pemimpinnya mengajak umar memberontak terhadap Belanda dan membuat perjanjian Sumatra bersama Inggris, untuk menguasai Aceh. Dengan berbekal berbagai bentuk tantangan dan kesukaran yang dialaminya di masa muda, Teuku umar tampil sebagai salah seorang pemimpin perang yang paling disegani.

Teuku umar, biografi teuku umar, biodata teuku umar, Pahlawan Nasional, Tokoh Pahlawan, Nama Pahlawan Nasional

Pada tahun 1880, Teuku Umarmenikahi CutNya Dien, anak dari panglimanya sendiri, Nata Satia. Keputusan mengambil istri Cut Nya DIen itu dianggap cukup dramatis, karena Cut Nya Dien sudah menjanda saat itu.

Tahun 1883, Teuku umar’menyerah’ kepada belanda hingga menjadi kaki tangan dan orang kepercayaan Belanda. Ia ditugaskan melatih prajurit Belanda yang akan berperang di Hutan dan di gunung untuk menghadapi tak-tik perang gerilya orang Aceh. Namun Belanda menanggung kerugian yang sangat besar. Banyak prajurit mereka yang mati secara tak wajar karena kecelakaan da;a, latihan. Teuku umar berkhianat kepAda belanda, setelah bekerja sama selama dua tahun.

Kala itu, ditugaskan Belanda membebaskan kapal Inggris, CICERO, yang dibajak oleh Raja Teunom. Ketika mendekati kapal, ia berbalik menembak mati 32 prajurit yang menyertainya dan kembali menghantan Belanda. Ia pun membawa banyak uang dan senjata untuk para pejuang Aceh.
Dua tahun kemudian Teuku umar kembali mengejutkan Belanda. Ia membajak kapal Hok  canton , yang baru dibebaskan setelah ditebus denagn sejumlah uang. Namun kehadiran Snouck Hoorgrounje membuat perlawanan aceh pudar.

Beberapa panglima Aceh ternama tewas. Umar terkesiap. Ia kembali lagi menjadi  kaki tangan Belanda. Tahun 1893, Jenderal Van Teinj menjamin keselamatan Umar, asal ia bersedia  menjadi kaki tangan mereka.  Ia kemudian berganti nama menjad teuku Johan, setelah sebelumnya bersumpah di atas nama makam keramat leluhur aceh, Teuku Ajong, agar tidak berkhianat lagi.

Sikap dan sepak terjang Umar seringkali sulit dipahami, sehingga ia dibenci oleh berbagai kalangan. Cut Nya Dien sang istri sering mendaoat ejekan. Katakan pada suamimu umar, demikian tulis teuko Fakimah suatu saat kepada cut Nya Dien, agar ia ke Lamkrah (ketika itu memang menjadi markas perjuangan rakyat Aceh terhadap Belanda).
Patriotisme umar kembali terbukti pada tahun 1896. Belanda yang sepenuhnya percaya pada Umar, memintanya memimpin 250 orang prajurit untuk menumpas para pejuang aceh. Namun melalui kaki tangannya, Teuku Umar terlebih dahulu memberitahukan kedatangan mereka kepada para pejuang aceh. Belanda yang selalu percaya akan kemampuan perangnya.

Pada tanggal 29 maret 1896, Teuku Umar berbalik haluan dengan membawa 800 pucuk senjata, 250.000 butir peluru, uang 18.000 dollar dan peralatan lainnya. Umar kemudian menjadi pejuang gerilyawan. Ia memimpin rakyat aceh berjuang selama kurang lebih 3 tahun.

Teuku umar tewas tertembak ketika Van Housts menjebaknya pada 10 November  1899. Seorang pengawalnya yang setia, panglao, memanggulnya keluar dari Meulaboh, agar mayatnya tidak disia-siakan. Sejak itu, perjuangan rakyat aceh berpindah-pindah terus, di bawah pimpinan Cut Nya Dien, istri umar yang setia.

Teku umar yang dianugerahi gelar pahlawan Nasional oleh pemerintah berdasarkan surat keputusan Presiden RI No. 088/TK/1973 ini dinilAI merupakan tokoh yang paling controversial. Seorang pejuang yang cerdik, tapi tidak pernah mengambul keuntungan dari setiap peristiwa yang dialaminya, demikian tulis M,H. Szekely, tentang Teuku Umar. Kecerdikan dan kesetiaan Teuku Umar kepada bangsanya, serta sikap patriotis merupakan sikap yang pantas untuk ditiru.



Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Teuku_Umar
Buku: TOKOH & PAHLAWAN Seri Pejuang Kemerdekaan, Penerbit: PT. Lestari Kiranatama

Popular Posts