Twitter

  • home
Home » » Charles Darwin atau Charles Robert Darwin

Charles Darwin atau Charles Robert Darwin

Teori evoulusi yang  sangat  terkenal  membuat nama  Charles Darwin seorang naturalis dari Inggris banyak dikenal orang di seluruh pelosok dunia, iya, karena dia yang menciptakan  teori itu dan dia telah membuktikan  bahwa semua  makhluk hidup yang ada di dunia ini termasuk tumbuhan, hewan, juga manusia yang telah berevolusi secara teratur dan terus menerus  dan berubah sampai sekarang merupakan keturunan  nenek moyang bersama yang hidup pada jutaan tahun lalu.

Charles Darwin yang memiliki nama lengkap Charles Robert Darwin lahir pada tanggal 12 februari 1809 di Shrewsburry, Inggris. Di usianya yang masih kanak-kanak, dia sangat tertarik mempelajari dan mengumpulkan serangga dan mineral. 

Saat dia berusia 16 tahun, Darwin bersekolah di Universitas Edinburg untuk belajar obat-obatan, namun pada akhirnya ia tidak tertarik dengan dunia obat-obatan tersebut. Setelah itu dia melanjutkan sekolahnya ke Universitas Cambridge untuk belajar teologi.

Di universitas yang sangat terkenal itu ia berteman baik dengan seorang profesor botani dan geologi.
Pada tahun 1831, sebuah ekspedisi ilmiah dilepas untuk berkeliling dunia dengan kapal HMBS Beagle dengan seorang kapten kapal yang bernama Fitz Roy.  Sebagai seorang naturalis diperlukan dalam ekspedisi ini, Nama Darwin direkomendasikan oleh kedua temannya.

Charles Darwin, Charles Robert Darwin, Biografi

Pada akhirnya Darwin pun turut serta dalam perjalanan selam 5 tahun sambil mengumpulkan tulang-tulang dari binatang yang telah punah dan bagian dari tanaman, pada waktu itu juga Darwin meneliti hutan hujan yang berada di daerah Brazil.

Ia menemukan fosil binatang raksasa Megatherium di dekat Bahia Blanca. Iguana laut yang aneh, kura-kura, dan burung finches sempat membuat Darwin bingung , hal ini disebabkan kesamaan dan perbedaannya dengan binatang yang serupa dipulau yang terpisah.

Pada waktu yang sama pula, seorang naturalis lainnya yang bernama Alfred Russel Wallace, ia juga sama menarik kesimpulan yang serupa tentang evolusi. 

Pada tahun 1858, Darwin dan Wallace menerbitkan tulisan ilmiah bersama pada tahun 1859, dan sebuah buku karya Charles Darwin yang terkenal, The origin of spesies by natural Selection diterbitkan. Edisi buku pertama buku ini terjual habis pada hari dimana buku ini dipublikasikan.

Pada tahun 1868, buku yang kedua karya  Charles Darwin, yang berjudul , The variation of Animals and Plants Under  Domestication, terbit.  Buku-buku lainnya yang terkenal karya Charles Darwin adalah Insectivorus Plants, The Power of Movement in Plants and  Descent of Man.

Charles Darwin tutup usia dalam umur 74 tahun, pada tanggal 19 april 1882, Darwin dikebumikan di Westminster abbey berdekatan dengan makam Issac  Newton.



Sumber: 
Buku SELUK-BELUK SAINS TOKOH-TOKOH DAN HASIL PENEMUANNYA, Penulis: Irwan Kurniawan 
www.ocduk.org 

Popular Posts