Twitter

  • home
Home » » Albert Einstein Biografi dan Sejarah Singkat

Albert Einstein Biografi dan Sejarah Singkat

Di kalangan pelajar nama Albert Einstein salah satu nama tokoh penemu yag sudah tidak asing  lagi, penemu ilmu  Fisika ini dikenal sebagai bapak Fisika Modern. Einstein lahir pada 14 maret 1879 di Ulm, Jerman. Pada tahun 1901 einstein berganti kewarganegaraan menjadi Negara Swiss. Einstein pindah ke Amerika serikat pada tahun 1933 untuk menghindari kekejaman Adolf Hitler.

Pada masa kanak-kanak, Albert Einstein telah tertarik pada ilmu pengetahuan dan Matematika.  Ayahnya bukan orang kaya raya sehingga tidak mampu untuk menyekolahkannya ke tingkat yang lebih tinggi.
Untuk itu ia harus bekerja keras untuk melanjutkan sekolahnya, ketika usianya menginjak 15 tahun, keluarganya pindah ke Italia.

Dari Italia Einstein kemudian dikirim ke swiss untuk melanjutkan sekolahnya. Salah seorang keluarganya yang kaya raya telah membantunya untuk meraih pendidikan pada jenjang lebih tinggi, namun walaupun Einstein telah menguasai wawasan yang sangat luas, tetapi ia tetap saja belum bisa mendapatkan pekerjaan.

Di Universitas Zurich, kecerdasaannya pada bidang Fisika dan Matematika sudah mulai kelihatan. Tahun 1900, Einstein berhasil menamatkan kuliahnya dan menjadi  warganegara  Swiss.

Setelah itu ia bekerja sebagai pegawai di kantor patent di negara tersebut, pada waktu senggangnya, ia pergunakan untuk memecahkan masalah-masalah matematika yang sulit.

Biografi Albert Eintein, sejarah albert einstein, albert einstein

Selam bekerja di kantor patent, Einstein menerbitkan sebuah paper tulisan yang mengubah konsep para ilmuwan tentang quanitas, dalam paper tersebut ada teori relativitas. Paper tersebut membuat namanya menjadi terkenal.

Dalam paper itu juga terdapat rumus E=mc² dimana E adalah energy, m adalah massa, dan c adalah kecepatan cahaya. Rumus itu menjelaskan perubahan massa menjadi energi.

Rumus itu juga kemudian menjadi dasar untuk pembuatan bom atom yang telah menghancurkan Hiroshima dan Nagasaki pada 1945. Einstein sangat berduka atas kerusakan yang terjadi pada kota itu. Setelah itu, Einstein mengisi hidupnya untuk memanfaatkan energi  atom bagi kepentingan perdamaian.

Dalam bidang fisika, Einstein menyumbangkan teori quantum untuk efek fotoelektrik yang membuatnya dianugerahi hadiah Nobel di tahun 1921. Setelah pensiun dari Universitas Princeton tahun 1945, Einstein melnjutkan penelitiannya pada masalah penyatuan teori. Ia tidak dapat menyelesaikan kerjanya.

Pada tanggal 18 april 1955, Einstein meninggal di rumah sakit Princeton. Albert Einstein meninggal ketika beliau sedang tertidur. Otaknya diawetkan dirumah sakit Princeton sebgai penghargaan atas jasa-jasanya, sebuah unsure yang diberi nama berasal dari namanya yaitu Einstenium.



Sumber Buku: SELUK-BELUK SAINS TOKOH-TOKOH DAN HASIL PENEMUANNYA, Penulis: Irwan Kurniawan dan
http://pt.wikipedia.org/wiki/Albert_Einstein

Popular Posts